Sahabat Cilik Agribisnis

Sebuah komunitas pendidikan yang fokus terhadap pengenalan pertanian, cinta lingkungan dan pengembangan minat serta bakat kepada siswa sekolah dasar. SCA merupakan program kerja dari Departemen sosial dan peduli lingkungan Himpunan profesi mahasiswa peminat agribisnis IPB.

Latar Belakang

Sudah lebih dari setengah abad Indonesia merdeka dari para penjajah. Kemajuan teknologi dan berkembangnya perekonomian dani yang membawa Indonesia semakin jauh melangkah untuk menjadi negara maju dan kuat. Namun, apakah sudah merdeka juga kebutuhan pangan dalam negeri untuk bisa menghidupi negara dengan jumlah penduduk yang terus meningkat? Belum lengkap tampaknya persyaratan sebuah negara untuk disebut sebagai negara maju, jika kemandirian pangannya tidak terwujud. Pertanian menjadi salah satu aspek kehidupan yang sangat dekat dengan halnya keberlangsungan hidup penduduk di suatu negara. Pertanian di Indonesia membutuhkan pionir-pionir yang kreatif dan handal dalam menjawab perubahan lingkungan global.

Anak-anak merupakan merupakan generasi penerus bangsa yang menjadi kunci sukses pertanian masa depan. Pendidikan non akademik di Indonesia yang dirasakan masih kurang membuat daya berfikir kreatif anak-anak masih belum banyak terlalu berkembang. Pertanian masa depan selain membutuhkan penerus yang berkemampuan intelektual yang baik, Indonesia juga harus memiliki petani-petani yang kreatif sehingga mampu menjawab tuntutan era pasar terbuka dengan daya saing pertaniannya yang tinggi.

Pendidikan non formal bagi anak-anak 
merupakan saluran lain untuk mereka dalam upaya pengembangan daya pikir, pembentukan karakter, pengetahuan umum dalam halnya menunjang kemampuan akademik anak-anak. Walaupun sekarang ini, telah banyak pendidikan non formal yang ada namun belum banyak yang berusaha membangun karakter penerus bangsa yang berjiwa pertanian masa depan. Kaitannya dengan pertanian sekarang yang masih belum optimal, diharapkan penanaman jiwa dan pengetahuan anak-anak dalam pertanian masih dirasakan kurang. Pembentukan karakter tersebut hanya baru bisa didapatkan di jenjang pendidikan yang cukup tinggi. Sehingga banyak anak-anak Indonesia yang belum paham, bagaimana pentingnya pertanian sebagi penopang ketahanan suatu bangsa. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki kemandirian pangan yang kuat pula. Untuk itu, anak-anak sebagai pioneer masa depan sudah selayaknya memiliki kesadaran dan tanggung jawab akan pertanian Indonesia masa depan.

Profil

Sahabat Cilik Agribisnis didirikan pada tanggal 16 Maret 2012 (bertepatan dengan kumpul perdana) oleh Departemen sosial dan peduli lingkungan HIPMA Institut Pertanian Bogor. Komunitas ini dibentuk bertujuan untuk

  1. Mengembangkan minat, bakat dan kreativitas anak-anak di Desa Cikarawang melalui pendidikan non formal
  2. Menanamkan jiwa agribisnis melalui metode pembelajaran yang menyenangkan
  3. Memberikan wadah bagi anak-anak sebagai tempat bermain sambil belajar
  4. Menanamkan kecerian kepada anak-anak melalui metode pembelajaran yang menghibur
  5. Memperkenalkan dunia pertanian kepada anak-anak
  6. Menumbuhkan kesadaran kepada anak-anak tentang pentingnya kelestarian lingkungan
  7. Memberikan wadah  mahasiswa agribisnis ipb dalam memberikan keilmuan yang didapatnya dalam kuliah kepada anak-anak
  8. Mengembangkan soft skill mahasiswa agribisnis IPB dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas

Adapun visi dan misi Sahabat Cilik Agribisnis ialah

Visi

Menumbuhkan generasi penerus bangsa yang memiliki sikap ceria, kreatif dan berjiwa agribisnis

Misi

– Menerapkan metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan
– Menumbukan minat anak-anak kepada dunia pertanian melalui pembelajaran yang kreatif
– Memfasilitasi anak-anak untuk lebih bersikap kreatif melalui pembinaan keterampilan

Untuk tahun 2012 ini, kami memilih SDN 01 Carangpulang, Cikarawang, Bogor. Info lebih lengkap sahabatcilikagribisnis.wordpress.com