Ullen Sentalu Museum, Yogyakarta

Jawa74Pintu Masuk Menuju Ullen Sentalu

Mempelajari kebudayaan dan seni jawa dalam sehari.

Mungkin hal pertama yang selalu menjadi tujuan wisata Anda saat berkunjung ke Yogyakarta adalah wisata budaya, seni dan kuliner. Tempat-tempat seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Malioboro selalu menjadi tujuan utama wisata para wisatawan. Tapi sekarang saya coba merekomendasikan satu tempat yang sangat layak untuk dikunjungi, Ullen Sentalu Museum.

Bulan Oktober 2013 kemarin saya menyempatkan diri untuk mampir ke Museum ini. Terletak di Jalan Boyong, kawasan wisata Kaliurang, sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, Museum Ullen Sentalu menyajikan wisata pengetahuan tentang seni dan budaya Jawa dengan cara yang berbeda. Museum Ullen Sentalu didirikan oleh pihak swasta (salah satu warga Yogyakarta) dengan dukungan penuh dari pihak Kraton Yogyakarta. Tujuan dibangunnya museum ini tidak lain adalah untuk menceritakan dan memberikan wawasan kepada pengunjung mengenai sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta (sejarah Kraton Yogyakarta dan Solo).

Saat pertama kali memasuki daerah museum, anda sudah bisa merasakan keindahan dan keasrian tempat ini. Bagaimana tidak? Museum Ullen Sentalu yang terletak di Kawasan Kaliurang menawarkan keindahan pemandangan di kiri dan kanannya, hawa yang sejuk (seperti Kawasan Puncak di Jawa Barat) dan pepohonan yang rindang.

Jawa49
Jawa51Loket Pembelian Tiket dan Tiket Masuk

Setelah puas menikmati keindahan pepohonan rindang didepan museum, Anda bisa langsung menuju loket pembelian tiket. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 (Harga tiket per Oktober 2013), tiket ini sudah termasuk jasa pemandu yang sigap menyuplai beragam informasi. Hal ini dibutuhkan, mengingat ruangan demi ruangan yang ada di dalam museum terhubung oleh gang yang berliku (tidak berlebihan jika disebut Labirin ditengah Hutan) dan jika Anda masuk sendirian, kemungkinan besar Anda akan bingung.

Saya akan mencoba menceritakan sedikit tentang sejarah Kraton Yogyakarta di Museum ini sesuai dengan arahan informasi pemandu wisata. Maaf jika ada kekurangan, karena di Museum ini anda tidak diperbolehkan menggunakan kamera untuk merekam, memfoto dan tidak diperkenakan pula menyentuh barang-barang di Museum ini (karena kebanyakan barang di Museum ini sudah sangat tua dan merupakan harta kraton yang sangat sakral).

Jawa72Larangan-larangan di Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu dibagi menjadi Tiga Area.

Begitu masuk, Anda akan merasakan nuansa yang jauh berbeda dari ruangan pertama. Jalannya sangat sempit seperti berjalan didalam goa, hanya cukup dua orang dan terdapat banyak cabang (berbentuk labirin). Pemandu akan mengantar Anda ke Ruangan pertama, yaitu Ruang Seni dan Gamelan. Di ruangan luas ini terdapat seperangkat gamelan dan beberapa lukisan Tarian Daerah dan kesenian lain yang merupakan hadiah dari Kesultanan Yogyakarta.

Dari sini, sebuah lorong akan menghubungkan Anda dengan lorong lainnya yaitu Goa Sela Giri. Ini adalah sebuah ruang pameran yang dibangun di bawah tanah berupa lorong panjang. Material batu yang mendominasi lorong ini langsung diambil dari Gunung Merapi. Dengan pencahayaan yang remang-remang, lorong ini memancarkan nuansa mistis yang kental. Kesannya? Mistis! titik.

Di sisi kanan-kirinya, berjejer lukisan dan foto para tokoh dari 4 keraton Kerajaan Mataram. Masing-masing lukisan dan foto punya cerita sendiri, salah satunya adalah lukisan 3 dimensi. Mata wanita di lukisan ini akan mengikuti langkah Anda ke mana pun Anda melangkah!

Keluar dari Goa Sela Giri, Anda akan berjalan lagi di gang luar ruangan menuju ke Ruang Syair. Di sini terdapat kumpulan syair yang ditulis untuk Tineke, putri Sunan Surakarta yaitu Pakubuwono XI. Pada waktu itu, Tineke sedang mengalami jatuh cinta pada seorang pangeran dari kerajaan lain. Syair-syair itu ditulis dari tahun 1939-1947 itu ditulis oleh para kerabat dan teman-teman Tineke untuk menggambarkan kecintaan putri itu terhadap sang pangeran.

Ruangan selanjutnya adalah Ruangan Ratu Mas. Ruangan ini khusus dipersembahkan untuk Ratu Mas, permaisuri Sunan Pakubuwono X. Terdapat lukisan Ratu Mas, foto-foto bersama Sunan dan putrinya, serta berbagai pernak-pernik kelengkapan beliau seperti kain batik dan aksesori.

Setelah itu, Anda akan dibawa mengarungi kebudayaan batik di Ruang Batik Vorstendlanden dan Ruang Batik Pesisiran. Di ruangan yang pertama, terdapat koleksi batik dari era Sultan Hamengkubuwono VII hingga Sultan Hamengkubuwono VIII. Di ruang batik yang kedua, terdapat koleksi kebaya yang dikenakan kaum peranakan mulai tahun 1870-an. Jika anda hobi mengenakan batik atau tertarik dengan sejarah batik, maka ruangan ini akan membuat anda terpukau. Saya sangat terpukau dengan penjelasan pemandu wisata, sangat banyak jenis batik dan arti tiap motifnya yang tidak saya ketahui.

Perjalanan berkeliling museum belum selesai. Anda akan dibawa menuju Ruang Putri Dambaan, sebuah ruangan yang khusus dibuat untuk putri tunggal Mangkunegara VII yaitu Siti Nurul Kusumawardhani. Sesuai namanya, beliau memang adalah putri dambaan banyak pria. Kecantikannya tersohor lintas kerajaan. Bahkan menurut penjelasan pemandu wisata, presiden pertama R.I Bapak Ir. Soekarno pernah jatuh hati dengan Putri Dambaan namun sayang Putri Dambaan menolak sang presiden pertama kita. Di ruangan ini terdapat dokumentasi foto semasa dirinya kecil, hingga sekarang berusia 91 tahun dan tinggal di Bandung, Jawa Barat.

Sebelum masuk ke ruangan terakhir, Anda akan melewati Koridor Retja Landa. Ini adalah museum luar ruangan yang memamerkan arca dewa-dewi Hindu dan Buddha dari abad ke-8 masehi.

Sasana Sekar Bawana adalah ruangan terakhir. Di sini terdapat beberapa lukisan raja-raja Mataram. Anda bisa beristirahat dan mencerna segala informasi yang diberikan pemandu dari awal. Sementara itu, pemandu akan menyuguhkan sebuah minuman spesial yaitu Ratu Mas. Minuman dengan resep rahasia dari 7 bahan alami ini dipercaya bisa memberi kesehatan dan awet muda*
*(Rangkuman cerita diatas adalah sebagian hasil ingatan saya ditambah dengan reverensi dari website resmi museum dan Detik Travel)

Buddha statue inside the stupa
lobby_museum_1
20110430_US1Beberapa Foto Nuansa dan Keadaan didalam Museum (*dari Blogger lain yang sudah berkunjung ke Ullen Sentalu)

Museum Ullen Sentalu menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dalam negeri, khususnya budaya Jawa dengan cara yang berbeda. Historis, Mistis tapi dibungkus dalam kemasan Museum yang Cantik dan perawatan yang sangat baik. Dan menurut saya, ini adalah Museum terbaik yang pernah saya datangi di Indonesia dan wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta🙂

Ullen Sentalu
www.ullensentalu.com
Jl Boyong Kaliurang, Sleman Yogyakarta
(Tel. +62 274 895161)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s