Minggu Pagi di Tugu Lawet

Tugu (walet) Lawet adalah Landmark atau icon dari Kota Kebumen di Jawa Tengah. Letaknya yang berada ditengah-tengah kota dan dekat dengan alun-alun membuat tugu ini mudah dijumpai jika kita sedang berjalan-jalan mengitari Kebumen.

IMG_20130408_231255Minggu Pagi yang cerah dan sepi disekitar Tugu Lawet Kebumen

Setiap Hari Minggu sewaktu gw penelitian di Kebumen (Vacation Research) selama satu bulan, selalu gw usahain buat bangun pagi (walau susahnya bukan main buat bangun pagi,haha) dan main ke alun-alun kota. Kenapa? Karena sekarang di Kebumen sudah seperti kota-kota besar lain yang ada di Indonesia, pemerintah kota mengadakan Car Free Day dan Minggu Pagi Sehat untuk warganya disekitaran alun-alun kota. Dan hampir setiap minggu pagi itu pula gw selalu ngelewatin ‘sesosok’ tugu yang gagah berdiri ditengah jalan pusat kota. Tugu Lawet, orang Kebumen biasa menyebutnya.

Yang gw suka dari Tugu yang satu ini, Tugu ini tidak seperti tugu-tugu dikota lain yang dibuat megah atau terkesan mewah. Tugu Lawet cukup sederhana tapi punya arti, keindahan dan semangat bagi setiap orang yang melihatnya. Dari sudut pandangan gw, Tugu Lawet dibuat untuk memberitahu kepada para tamu atau penduduk kebumen itu sendiri. Untuk bangga, menjadi pemberani dan tetap menjaga semangat seperti ‘orang-orang’ yang ada di Tugu tersebut. Seperti diketahui bahwa Kebumen memiliki daerah pantai maupun laut yang luas didaerah pesisir selatan. Didekat pantai dan laut ini sering ditemui Goa-goa tempat Burung Walet berada dan sudah sejak dulu pria-pria atau masyarakat Kebumen sering mengambil Sarang Burung Walet dari dalam Goa-goa ditepi laut tersebut. Dengan ketinggian goa, tingkat kecuraman dan bahaya yang tinggi, mereka ‘para pengambil sarang burung walet’ dari Kebumen secara berani mencoba mngambil sarang burung walet yang lantas akan mereka jual. Itulah yang membuat Kebumen terkenal sebagai salah satu daerah asal sarang burung walet alami.

Dari sudut pandang inilah gw sering mengagumi Tugu (walet) Lawet milik Kebumen. Berani dan penuh semangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s