Keliling Museum Bogor

Wisata Museum Bogor!! Udah lama gw pingin ngelilingin museum yang ada di Bogor tapi ga pernah kesampean. Museum di Bogor sebenernya ada banyak, dari referensi yang gw baca di mbah google. Kira-kira ada 10-15 museum yang tersebar di Bogor-Puncak-Sentul. Sampe ada satu hari dimana gw kebetulan lagi ngumpul dan makan bareng sama Ryan, Uti, Dudu di Lele Bakar Bogor. 

IMG_4078Kita kepikiran gimana kalo besok ngeluangin waktu buat jalan bareng seharian, kayaknya kita berempat butuh refreshing dari rutinitas bikin proposal penelitian (Tingkat Akhir IPB). Dan berhubung kepingin, gw ajakin mereka buat keliling museum yang ada di Bogor.

[Sambil begadang, gw bikin list museum yang bakal kita datengin plus alamat sama arah jalannya. Total ada tujuh museum yang masuk targaet buat wisata museum besok]

Kita berempat janjian dirumah dudu jam8 pagi buat START. Tapi emang bener itu pepatah, Manusia bisa berencana tapi Tuhan yang menentukan semuanya~ hahaha. Dari bangun yang kesiangan sampe hujan yang ga berenti. Akhirnya kita baru ngumpul jam10 dirumah dudu. Berhubung udah siang, FIX lah kita cuma nargetin 3 museum buat hari ini, Museum Perjuangan, Museum Zoologi di Kebun Raya sama Museum Botanical apa gitu lupa namanya🙂

Museum Perjuangan

2Maksud hati kita minta difotoin si Bapak, tapi…hahaa

Pas pertama masuk ke Museum ini, pastiin jangan lupa bayar tiket masuk ya! (Karena gw lupa dan baru inget pas mau balik,haha). Tiket buat keliling Museum cuma Rp 2.000, murah kan? Tapi menurut gw isi Museum Perjuangan ini mulai dari benda-bendanya, cerita ditiap sudut ruangan sampe suasananya ga bisa diitung nilainya pake rupiah. Museum ini bercerita tentang perjuangan bangsa Indonesia di Wilayah Bogor saat melawan penjajah. Walau ukuran museum ini terbilang ga begitu besar, tapi dibangunan dua lantai ini sudah cukup punya fasilitias buat pengunjung. Mulai dari Toilet, Pamflet Sejarah, Souvenir sampe Tempat Shalat.

6 7 8

Didalam museum ini terdapat banyak benda koleksi perjuangan masyarakat Bogor. Mulai dari bermacam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan, hasil rampasan dari Jepang dan Inggris, mata uang serta  dilengkapi dengan diorama yang menggambarkan pertempuran di daerah Bogor dan sekitarnya. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi pakaian para pejuang. Gw ngerasa kalo pembangunan museum ini dimaksud agar kita bisa mewariskan semangat dan jiwa juang serta nilai–nilai 1945.

info lebih lengkap Dinas Pariwisata dan Buadaya Bogor : Museum Perjuangan

abis puas ngelilingin museum perjuangan, kita langsung berangkat ke museum botanical didepan Kebun Raya Bogor, tapi ternyata pas hari itu museum tutup. Jadi kita langsung nerusin masuk ke Kebun Raya Bogor.

Museum Zoologi

Museum Zoologi terletak didalam Kebun Raya Bogor. Untuk menikmati semua fasilitas didalam museum ini, kita ga ditarik biaya tiket masuk lagi, karena museum zoologi udah termasuk kedalam fasilitas KRB dengan Biaya tiket Rp 10.000.

Musuem zoologi merupakan sebuah museum yang dibangun untuk memperlihatkan dan menamba pengetahuan bagi para pengunjungnya khususnya di dunia flora dan fauna yang ada di Indonesia. Di museum yang cukup luas ini, kita dimanjain sama berpuluh diorama disetiap sudut museum. Diorama-diorama ini berisi fauna buatan maupun yang diawetkan dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, didepan diorama tersebut terdapat penjelasan singkat juga berupa sejarah dan karakterisitik ‘Si hewan’ didalamnya.

5 3 4

Dari sepenglihatan gw sih, museum ini cocok banget buat suami-istri baru yang punya anak kecil buat dateng kesini. Kita bisa kasih liat ke anak kita tentang banyaknya fauna dan flora yang ada di Indonesia plus berkeliling ditengah rimbunnya taman kota yang teduh dan luas di KRB.

info lebih lengkap tentang Museum Zoologi. Musuem Indonesia : Museum Zoologi

1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s