Dawet Hitam Jembatan Butuh

IMG_0379Jika melewati jalan raya penghubung antar kota dari Kebumen hingga Purworejo di Jawa Tengah, anda harus menyempatkan untuk mampir sejenak menyicipi salah satu warisan kuliner nusantara, Dawet Hitam atau orang didaerah tersebut sering menyebut Dawet Ireng.

Ada pepatah yang berbunyi, “Belajarlah dari ahlinya” dikasus kuliner yang satu ini bisa diganti menjadi “Cicipilah Dawet Ireng dari yang Empunya”. Anda tidak perlu kaget jika sepanjang Jalan Kebumen-Purworejo akan melihat banyak penjual Dawet Hitam dipinggir jalan (baik dikanan atau dikiri,bahkan jarak antar pedagang hanya 100 meter). Namun, dari cerita warga sekitar hingga referensi di beberapa blog pecinta kuliner, Dawet Hitam yang memiliki cita rasa khas dan selalu dipadati pengunjung adalah Dawet Hitam Jembatan Butuh.

Saat mudik ke Kebumen tahun 2012, saya dan keluarga mampir untuk mencicipi Dawet Hitam ‘legendaris’ ini. Disebut Dawet Hitam Jembatan Butuh karena terletak dekat dengan jembatan tersebut. Anda tidak perlu bingung, cukup bertanya kepada warga sekitar jalan antar kota tersebut, mereka sudah mengetahui ketenaran Dawet Hitam ini atau anda bisa melihat secara teliti papan nama setiap penjual Dawet Hitam tersebut.

IMG_0380 IMG_0373 IMG_0375

Mamah lagi mesen Dawet Hitam buat saya dan keluargaπŸ™‚

Yang membuat Dawet Hitam memiliki banyak penggemar adalah rasa yang sangat nikmat, segar dan cocok untuk lidah yang menyukai makanan manis, harganya pun masih sangat terjangkau oleh kantong kita. Harga untuk satu porsi, semangkok dawet hitam ini adalah Rp 2.500. Saya sarankan untuk mencicipi kuliner ini di siang hari, karena jika kita datang sore hari biasanya Dawet Hitam sudah habis.

IMG_0364

Selamat menikmati Dawet Hitam, salah satu warisan kuliner nusantaraπŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s