Rangkaian Agribisnis Festival 2012

Acara yang dipersiapkan sejak bulan mei 2012 ini pun selesai dan mendapat respon yang baik dari semua pihak yang berpartisipasi pada acara ini. Banyak pengalaman baru yang didapat dari acara Agribisnis Festival 2012, yang belum pernah didapat dari acara-acara yang pernah saya ikuti sebelumnya. Semoga semua yang dilalui panitia selama persiapan hingga selesai acara ini dapat menjadi pengalaman berharga didalam menjalankan acara-acara Agribisnis selanjutnya.

para pendukung acara Agribisnis Festival 2012

Saya coba menceritakan rangkaian keseluruhan dari acara Agribisnis Festival 2012, dimulai dari tanggal 6 Oktober 2012, yakni Kampanye Diversifikasi Pangan On The Road. Melakukan kampanye yang bekerjasama dengan HIMITEPA IPB di sekitaran tugu kujang bogor. Melakukan kampanye dengan bertatap langsung dengan warga bogor, menjelaskan secara singkat, membagikan pamflet penjelasan diversifikasi pangan dan acara Agribisnis Festival serta pembagian makanan olahan yang terbuat dari tepung ubi.

Acara selanjutnya adalah Workshop dan Expo pada tanggal 6 Oktober 2012.Β Acara workshop diadakan dalam dua sesi, pertama bertujuan untuk memberitahukan kepada warga Kampus IPB Dramaga dan sekitarnya penjelasan mengenai diversifikasi pangan dan cara penerapan sederhana dikehidupan kita sehari-hari yang disampaikan oleh Bapak Bayu K (Wakil Menteri Perdagangan RI) dan Ibu Gayatri (perwakilan dari Badan Ketahanan Pangan Nasional). Acara ini berlangsung di audit CCR IPB yang merupakan gedung baru baru di IPB. Ikut meramaikan acara ini para dosen, mahasiswa AGB hingga alih jenis dan program magister lain di IPB. Sekitar 15 pengisi stand expo ditampilkan di acara ini. Sesi kedua berisikan tentang usaha diversifikasi pangan melalui program kemitraan antara lembaga pemerintah, sektor swasta dan kelompok tani yang selama ini mengembangkan produk lokal sebagai pengganti sumber pangan yang masih impor. Sesi ini menghadirkan perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM, PT Sierad Produce dan Ketua Gapoktan Mandiri Jaya Desa Cikarawang. Selama acara berlangsung acara ini diliput beberapa media yang mendukung berjalannya acara ini, antara lain Green TV dan ANTV.

Setelah itu, seluruh rangkaian dari Agribisnis Festival 2012 ditutup dengan acara Fun Bike, Penanaman Pohon, Makan Besar dan Pasar Kuliner Kreatif pada tanggal 14 Oktober 2012. Acara ini merupakan bentuk kampanye dan usaha untiuk mengakrabkan seluruh lapisan (warga masyarakat sekitar IPB, dosen, karyawan dan mahasiswa) yang ada di IPB secara umum maupun Departemen Agribisnis lebih khusus. Acara ini sendiri mendapat apresiasi yang baik dari para peserta dan pendukung acara dengan lihat dari keramaian dan suasana acara di belakang GWW pada Hari Minggu pagi.

Video Fun Bike Agribisnis Festival 2012

Dimulai sejak pagi hari bersenang-senang dengan sepeda bersama menuju BMKG belakang IPB dan melakukan penanaman pohon sengon sebagai wujud kepedulian dalam menjaga lingkungan. Acara dilanjutkan dengan membuat makanan olahan yang dibuat oleh Ibu-ibu KWT Desa Cikarawang dan menikmati stand-stand makanan olahan yang ada di Pasar Kuliner Kreatif. Karena acara pada hari Minggu, suasana menjadi ramai dan terlihat Pasar Kuliner yang terisi penuh oleh 15 stand dipadati oleh orang-orang yang ingin menikmati kuliner kreatif hasil olahan mahasiswa IPB dan lainnya. Pembagian hadiah, games hingga doorprize semakin memeriahkan acara penutupan Agribisnis Festival 2012.

Sebagai perwakilan dari panitia Agribisnis Festival, saya ingin menyampaikan permintaan maaf apabila ada penyajian, sambutan maupun perbuatan yang kurang berkenan untuk seluruh peserta, tamu undangan, pengisi acara, sponsor dan lain-lain. Tapi melihat banyaknya respon yang baik terhadap acara ini, kami mengucapkan terima kasih dan menjadikan respon positif tersebut sebagai motivasi untuk mengadakan acara yang lebih baik lagi di kemudian hariπŸ™‚

Dibalik layar :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s