Film Dokumenter : Kenali, Pahami dan Hargai

Alhamdulillah Film Pendek Dokumenter bertema “Penghargaan Kerja dan Lingkungan” selesai juga. Ini merupakan pengalaman pertama saya membuat sebuah Film Dokumenter, pengalaman yang tidak akan dilupakan, bukan kualitas pengambilan gambar atau jalan cerita yang membuat hati ini puas. Tapi kerjasama, semangat dan waktu pembuatan bersama teman-teman dari D’Soul HIPMA yang serba cepat dan mepet yang membuat semua berjalan dengan menyenangkan.Turun tangga

Ngobrol

Beberapa snapshot dari Film Dokumenter Kenali, Pahami dan Hargai

Cerita Film Pendek berjudul “Kenali, Pahami dan Hargai” ini sebenarnya terinspirasi dari obrolan ringan saya bersama seorang penjaga ruang kuliah di Fakultas Kehutanan IPB. Beliau bercerita mengenai tingkah laku mahasiswa dan isi hatinya saat itu (sekitar tahun 2011). Ada sedikit kekecewaan dari beliau terhadap oknum mahasiswa yang masih sering membuang sampah dibawah kursi ruang kuliah. Padahal menurut beliau tempat sampah telah disediakan dan untuk membuang sampah itu tidak sesulit dan seberat mengangkat karung-karung semen di proyek bangunan. “Belum lagi kalo ada Aqua Gelas bekas yang masih ada isinya setengah, ditinggal terus kesenggol. Becek semua itu kelas” tambahnya.

Film Dokumenter ini memperlihatkan sisi lain dari kehidupan kita sehari-hari. Kehidupan sebagian mahasiswa diruang kelasnya. Kebiasan yang disengaja atau tidak, sering meninggalkan sampah sisa makanan dilantai kelas. Saat semua mahasiswa sudah selesai kuliah dan pulang kerumah masing-masing, ada beberapa orang yang setiap hari tanpa ada perubahan membersihkan sampah-sampah tersebut. Ada yang mengatakan karena itu sudah tugas dari pekerjaan mereka. Tapi ini bukan permasalahan berdasarkan tugas, kotak mengkotakan berdasarkan pekerjaan dan lain sebagainya. Ini tentang kehidupan yang harus menghargai hal-hal kecil untuk memperoleh suatu hal yang besar. Kebiasaan yang harus mulai dihilangkan. Hal kecil seperti membuang sampah sembarangan, merupakan hal yang harus diputus rantai kebiasaannya. Mulai menghargai pekerjaan orang lain, mulai menghargai hal-hal kecil dan mulai mencintai lingkungan kita sendiri. Itu semua tentang inti dari Film Dokumenter ini.

Di khir Film Pendek Dokumenter ini, dibantu oleh teman-teman Departemen Sosial dan Lingkungan dari HIPMA  juga menyampaikan sebuah pesan tentang solusi yang bisa kita lakukan terkait sampah yang sering kita bawa kedalam kelas. Pahami dan coba terapkan tiga hal ini : TAHAN, SIMPAN dan BUANG. Simpelkan?

Cuplikan scene terakhir Film Pendek Dokumenter : Kenali, Pahami dan Hargai

2 thoughts on “Film Dokumenter : Kenali, Pahami dan Hargai

  1. Mas Kukuh, Tugas Kuesionernya pak Ujang Sumarwan belum dikumpulkan. Segera kumpulkan, nanti kata pak Ujang mau dinilai. (Isman. AM -Assisten Prof. Ujang S.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s