Sate Ambal Pak Kasman, Kebumen

IMG_0356Setiap berkunjung ke Kebumen, Jawa Tengah, sisihkanlah waktu sedikit untuk berwisata kuliner khas kota ini. Cita rasa Jawa Tengah yang manis akan tersaji di setiap kulinernya. Namun jika anda penggemar sate dan sedang mampir ke Kebumen, cobalah untuk mencicipi salah satu Sate khas Kebumen, namanya Sate Ambal.

Sejarah Sate Ambal :  awalnya terdapat sebuah desa kecil kawasan pantai selatan Pulau Jawa, (Jalan Lintas Selatan-Selatan) tepatnya di Desa Ambal Resmi,wilayah Kec. Ambal Kab. Kebumen, Jawa Tengah terdapat makanan sate ayam yang tidak kalah cita rasanya dengan Sate Ayam pada umumnya. Sate Ayam buatan masyarakat Desa Ambal Resmi, selain cita rasanya yang khas juga unik karena bumbunya menggunakan campuran tempe kedelai. Karena yang membuat masyarakat Ambal secara turun-temurun maka sate ayam ini populer dengan sebutan Sate Ambal.
Berkat kekhasan dan keunikan itulah tidak kepalang tanggung pada saat kunjungan kerja Presiden Megawati Soekarnoputri ke Kab. Kebumen, salah satu menu utamanya adalah sate ayam Ambal yang kesohor di wilayah itu. Bahkan, Gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto (sekarang Mendagri) pun menyempatkan diri berkunjung ke salah seorang pedagang sate ayam langsung di Desa Ambal Resmi untuk bersantap di tempat itu. “Tidak sedikit pejabat yang singgah ke warung-warung sate ayam Ambal di Desa Ambal Resmi ini,” (dikutip dari Blog Hary Soemarwoto)

IMG_2051

IMG_0352“Keunikan Sate Ambal adalah terletak pada bumbu satenya, Bumbu siramnya terbuat dari tempe yang dihaluskan dicampur cabe dan rempah-rempah lainnya. Makan nasi aja pake bumbunya doang udah enak, gimana ditambah Sate Ayam yang empuk-umpuk, hehe. Cita rasa tersendiri yang sangat khas dan hanya dimiliki Sate Ambal.”

Saat berlibur kerumah nenek beberapa waktu yang lalu, saya meluangkan waktu sebentar untuk mampir ke salah satu Warung Sate Ambal yang konon sangat terkenal di daerah Kebumen dan merupakan penjual Sate Ambal yang lumayan sepuh, yakni Sate Ambal Pak Kasman asli Ambal. Warung Sate Ambal legendaris ini bertempat di Jalan Raya Kutowinangun No. 178 Kebumen. Jika sudah di daerah Kutowinangun, tanyakan saja ke warga sekitar sate ambal pak kasman, semua tau!🙂

Harga Sate Ambal untuk satu porsi adalah Rp 18.000/20 tusuk.
Selamat berwisata kuliner🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s