Earth Hour Indonesia 2012 : Ini Aksiku! Mana Aksimu?

Tahun ini, Earth Hour Indonesia diselenggarakan untuk yang keempat kali. Aksi mematikan lampu secara sukarela selama satu jam akan dilaksanakan pada Sabtu, 31 Maret 2012 pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Dengan perkembangan yang sedemikian pesat dari segi wilayah, partisipasi, dan pengakuan masyarakat dunia, Earth Hour tidak hanya menjadi kampanye simbolis lagi, namun telah menjadi sebuah gerakan perubahan.

Ini Aksiku! Mana Aksimu?
Komunitas pendukung Earth Hour selalu mengajak dengan memberi contoh. Oleh karena itu, tema Earth Hour Indonesia selalu berubah per tahun mengikuti prinsip “naik kelas” dari tahun sebelumnya dan mencari relevansi yang dekat dengan isu lokal.

“Pilih bumi selamat atau bumi sekarat?” kami pergunakan sebagai tema di tahun 2009, dilanjutkan dengan “Ubah dunia dalam 1 jam” di tahun 2010 untuk membuat mata publik Indonesia paham bahwa dukungan individu pun dapat berkontribusi pada perubahan dunia. Dengan perubahan tema menjadi “Setelah 1 jam jadikan gaya hidup” dan logo “60+” pada tahun 2011, diharapkan semangat Earth Hour dapat dilakukan tidak hanya setahun sekali dalam 1 hari dan 1 jam, namun bisa dilakukan setiap saat dalam kehidupan sehari-hari oleh siapapun dan dimanapun.

Manfaat dan Hasil Nyata Earth Hour


Saya mencoba untuk memberikan gambaran kegiatan yang diadakan setiap setahun sekali ini dalam waktu 1 jam mematikan listrik bersama-sama. Banyak yang beranggapan bahwa kegiatan ini, hanya kegiatan yang semakin besar, tanpa ada manfaat siknifikan. Keikutsertaan negara-negara terhadap kegiatan ini hanya bertujuan untuk ikut berpartisipasi semata. Tapi, saya mencoba untuk memberikan gambaran manfaat dari segi penghematan yang kita lakukan selama satu jam dalam setahun ini.
Jumlah pengematan listrik sebesar 661,54 MW tersebut bisa tercapai jika 10% saja penduduk Jabar yang terlayani listrik turut berpartisipasi mematikan listrik atau peralatan listrik selama satu jam pada momen Earth Hour,” kata Setiawan dalam sosialisasi Earth Hour di Kantor BPLHD Jabar, Jalan Naripan Kota Bandung. Pengurangan konsumsi listrik sebesar 661,5 MW itu setara dengan mengurangi emisi CO2 sebesar 589 ton atau menghemat biaya Rp 476 juta dan menyediakan oksigen bagi 1.178 orang dan bayangkan apabila kegiatan earth hour ini dijadikan pola hidup dan kebiasaan. Berawal dari satu jam dan jadikan kebiasaan!😀

Kampanye menyambut Earth Hour 2012


One thought on “Earth Hour Indonesia 2012 : Ini Aksiku! Mana Aksimu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s