60+ Earth Hour Indonesia

setelah satu jam jadikan gaya hidup. Sabtu, 26 Maret 2011. Pukul 20.30-21.30


Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang dicetuskan oleh WWF (World Wildlife  Fund) untuk mematikan lampu dan peralatan listrik selama 60 menit (satu jam) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan atas perubahan iklim. Setiap tahun warga bumi memperingati Earth Hour atau saat kita semua mematikan seluruh perangkat yang berhubungan dengan listrik untuk mengurangi laju pemanasan global dan dampak perubahan iklim.

Tahun ini, Earth Hour akan berlangsung pada Sabtu, 26 Maret mendatang. Kampanye penyelamatan bumi ini merupakan aksi serentak individu, komunitas, korporasi, dan pemerintah di seluruh dunia.

Pada hari itu, masyarakat dunia diharapkan mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak sedang dipakai selama satu jam mulai pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Sejak 2009 dan 2010, kampanye tersebut menjadi kampanye lingkungan hidup terbesar dalam sejarah karena berhasil meraih 1,5 milyar pendukung dari 4.616 kota di 128 negara.

Di Indonesia, sejumlah kota besar di pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali turut berpartisipasi dalam kampanye Earth Hour.

Meskipun tujuan awal Earth Hour hanya sebagai penanaman dan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya melakukan tindakan atas perubahan iklim, ternyata Earth Hour mampu memberikan manfaat langsung bagi pengurangan ancaman perubahan iklim.

Pada intinya, kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dibuktikan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca, dan diikuti dengan mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, seperti: menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, hemat air, menanam pohon, dan lain-lain

Dalam jangka panjang, diharapkan EARTH HOUR mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan di semua sektor agar bisa diadaptasi oleh pemerintahan dan korporasi di negara-negara partisipan untuk secara signifikan memasukkan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan yang mereka miliki supaya penurunan emisi gas rumah kaca bisa dilakukan secara komprehensif.

Jadi EARTH HOUR tidak bisa berhenti di 1 jam saja, melainkan diharapkan bisa diadaptasi oleh pemerintahan di negara-negara partisipan dan publik yang telah berkomitmen menjadi partisipan.

EARTH HOUR 2009-2010

This slideshow requires JavaScript.

3 thoughts on “60+ Earth Hour Indonesia

  1. Pingback: earth-hour-indonesia « blog perjuangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s