Oseng-oseng mercon

Tahun lalu tepatnya saat liburan (lupa libur apa, haha). Saya dan keluarga pergi ke jogjakarta. Pas masih dirumah, saya dan kk udah punya target kalo liburan di jogja kali ini harus nyobain Oseng-oseng mercon yang udah bikin penasaran banget sama rasanya. Soalnya Om pernah cerita kalo pedesnya oseng-oseng mercon belum ada yg ngalahin di jogja, di indonesia? belum tauπŸ™‚ Oseng-oseng mercon sendiri berasal dari istilah jawa, kata mercon artinya adalah petasan. Karna saat mencoba oseng-oseng mercon, lidah kita kayak mau meledak karna pedasnya.

Β  Oseng2-Mercon-Bu-NartiOseng-Oseng Mercon

Jadi, pas ke jogja liburan kali ini kita udah ga mikirin kenikmatan gudeg asli jogja, malioboro atau makanan yang udah pernah kita cobain sebelumnya. Dan bener aja, pas kita berhasil nyobain itu oseng-oseng mercon, mata tiba-tiba netesin air mata, pelan-pelan tapi pasti kita garuk-garuk tanah,haha. Bukan terharu karena akhirnya berhasil nyobain oseng-oseng mercon yang selama ini kita cari, tapi karena PEDES-nya yang ga ketulungan, kata-kata yang paling sering saya denger ditempat makan itu cuma “bu, es teh manisnya lagi dong”Β kalo ga “air putihnya abis ya bu?” Komentar orang lain ditempat makan.

Usut punya usut, makanan yang perlahan tapi pasti jadi makanan yang paling dicari di jogja ini punya resep yang bisa bikin geleng-gelengkepala sambil ngomong PANTESAN!! Dulunya ResepOseng-oseng mercon dibuat dengan perpaduan, setiap sepuluh kilogram daging diperlukan empat kilogram cabe atau lombok. Namun karena banyak orang yang mengeluh sakit perut, formulanya diubah menjadi sepuluh kilogram daging diperlukan dua kilogram cabe. Tapi tetep aja, dengan rasa yang pedesnya pol ini, pembeli yang mencari Oseng-oseng mercon terus menigkat di Jogjakarta. Selain karna rasanya yang membuat orang penasaran, harganya pun cukup murah untuk makanan berbahan utama daging dan cabe yakni sekitar Rp 9000 (tapi ga tau juga berapa harganya pas harga cabe lagi naik, haha).

IMG_5604 (3)Ekspresi kepedasan akibat Si Mercon

Sekarang, nyari warung yang ngejual Oseng-oseng mercon memang semakin mudah ditemui di jogja. Namun, oseng-oseng mercon yang pertama dan paling terkenal di Jogja adalah Oseng-oseng mercon Bu Narti. Terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan Yogyakarta, “Lesehan Oseng-Oseng Mercon”. Begitu warung ini biasa disebut oleh warga sekitar.Β  Harga seporsi Oseng-oseng mercon adalah Rp 10.000 tapi kalo kita mau pake nasi,harganya jadi Rp 12.000.Β Kuliner yang satu ini mencoba memberi warna baru bagi dunia kuliner di Jogjakarta.

Selamat berburu kuliner Indonesia, Oseng-oseng mercon-jogjakartaπŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s